Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

16 November 2010

9 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Setiap Hari

Percaya diri (Self Confidence) dapat diartikan sebagai suatu paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi sesuatu. Anda bisa melihat tingkat kepercayaan diri seseorang dari sikapnya melakukan sesuatu. Keyakinan yang tinggi membuat orang persikap sangat percaya diri.

Lantas seberapa penting keparcayaan diri itu dalam kehidupan sehari-hari?
Barangkali bukan saya yang akan menjawab pertanyaan tersebut. Tapi diri anda sendiri.
Coba bayangkan jika anda melakukan hal yang menurut anda itu hal yang tidak mungkin anda lakukan. Apakah anda akan melakukannya dengan sepenuh hati? apakah anda akan mejalankannya dengan seluruh kemampuan anda? Mungkin jawaban anda "Tidak". Jadi saya rasa anda sudah mengerti pentingnya rasa percaya diri itu dalam diri kita.

Bagaimanakah cara agar kita bisa percaya diri setiap hari?

Ok. Disini akan saya bahas caranya. Tapi sebelumnya, perlu anda ketahui beberapa hal yang menyebabkan orang tidak percaya diri dan anda harus menghindarinya.
1. Membandingkan dengan oranglain. Tidak jarang orang yang merasa bahwa orang lain lebih baik dari dirinya.
2. Pengkondisian dimasa kecil. Setiap orang mempunyai kenangan masa lalu. Tapi jangan sampai kenangan buruk menjadi bayangan hitam masa kini.
3. Pengaruh perkataan orang lain yang mengatakan tentang kekurangan anda. Harusnya anda bisa lebih mantap dan koreksi diri untuk menjadi lebih baik.
4. Kegagalan dimasa lalu. Ingat.. Orang gagal itu biasa, tapi orang yang mau terus mencoba adalah LUAR BIASA.

Jadi sebisa mungkin anda menjauhi hal-hal yang mengakibatkan seseorang menjadi tidak percaya diri.

Berikut ini adalah cara-cara agar kita bisa menumbuhkan kepercayaan diri kita setiap hari agar apapun yang kita lakukan menjadi lebih mantap dan jadi diri kita seutuhnya.

1. Buat diri anda nyaman. Bisa dari cara berpakaian anda maupun hal-hal yang bisa membuat diri anda nyaman.
2. Berfikirlah hal-hal positif dan rasakan energi positif disekitar anda menjadi kekuatan anda. Berfikirlah apa yang akan anda lakukan adalah baik.
3. Tunjukkan mental terbaik anda. Teriaklah jika perlu untuk membangkitkan mental terbaik anda. Bahwa anda bisa.
4. Kurangi bilang "tapi". Mungkin anda sering mengatakannya. Misal anda mengatakan "Saya ingin sukses, tapi..saya hanya orang biasa". "Saya ingin berhasil, tapi..saya bla..bla..bla..". Kata "tapi" membuat anda yang semula hendak maju, kembali mundur. Tapi membuat anda terbiasa membuat alasan dan tidak melakukan ACTION!.
5. Temukan hal yang anda takuti dan lawan. Karena rasa takut itulah yang akan membuat anda selalu 'minder'. Cari apa yang selama ini menjadi bayangan anda dan kalahkan itu.
6. Jangan menunda jika itu baik. Penundaan menimbulkan ketakutan. Semakin sering anda menunda, ketakutan itu akan kian menggumpal dan pikiran anda mulai mencari-cari alasan bahwa penundaan yang anda lakukan itu benar. Padahal, semakin lama anda menunda berarti semakin lama anda membiarkan diri anda tidak meningkatkan kualitas diri.
7. Ingatlah momen-momen ketika anda sangat "PD". Apapun itu, hal yang bisa membuat anda sangat percaya diri. Coba ingat-ingat kapan anda merasa begitu percaya diri sehingga tangan anda tidak gemetaran dan tidak ada keringat dingin mengucur dari kening anda? Saat itu anda bicara dengan lancar dan lawan bicara anda bisa merasakan rasa percaya diri anda.
8. Buatlah pernyataan dalam present tense. Buatlah sebuah kalimat yang menyatakan bahwa anda bisa. Misal seperti "Saya yakin, saya bisa sukses". "Saya pasti bisa mendapatkan uang dari internet",dan sebagainya.
9. Baca minimal 1x sehari. Karena dengan menanamkan kalimat tersebut kedalam otak anda, maka secara otomatis akan merangsang semangat anda.

Hidup yang lebih baik adalah melakukan lebih baik dari hari kemarin; Melakukan hal yang belum bisa menjadi bisa kita lakukan. Menjadi diri sendiri seutuhnya akan membuat kita menjadi pribadi yang mantap.

Cukup 9 cara dari saya, silakan ditambahakan dikolom komentar jika ada tambahan. Bagaimana menurut anda?
Share:

Labels