Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

19 Januari 2011

Belajar Blogging Lewat Ngeblog

Judulnya kok dobel-dobel. Kalau tahu guru bahasa indonesia bisa di sentil nih. Enggak juga sih, dari judulnya saya pakai blog-ing dan nge-blog dengan saya kasih kata belajar. Yup, dari kedua kata tersebut artinya sudah berbeda. Blogging adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia blog. Segala bentuk aktifitas yang ada sangkut pautnya dengan blog. Sedangkan ngeblog itu sendiri merupakan satu tindakan blogging. Nah, bingung gak tuh? Gak ya!. Kalau masih bingung juga, silakan tanyakan ke guru bahasa indonesia. :-))

Belajar blogging lewat ngeblog. Kalau saya artikan menurut definisi saya sendiri adalah proses belajar hal-hal tentang dunia blog dengan langsung melakukan praktek membuat dan menjalankan blog itu sendiri. Intinya kita mempelajari sesuatu dengan praktek langsung. Sambil menyelam minum es campur. :-()

Memang pada dasarnya membuat blog itu mudah. Bagi mereka yang awam pun dalam 5 menit bisa membuat 5 blog. Akan tetapi mempelajari seluk beluk blogging itu yang susah-susah gampang. Mereka akan bilang “susah” jika mereka belum mengerti. Setelah mereka mngerti mereka akan bilang “gampang”. Butuh proses untuk bisa mengerti semua itu dan itu semua bisa dipelajari dengan mudah hanya dengan ngeblog. Ingin pinter tentang mobil ya harus bisa nyetir mobil dong.

Ngeblog sebenarnya tidak perlu banyak belajar. Cukup hanya modal bisa akses internet dan bisa ngetik sudah cukup. Akan tetapi pada kenyataannya, blog sudah bisa difungsikan lebih dari sekedar coretan daily seseorang. Membangun personal branding, berbisnis, sarana mencari ilmu, sosial media, ajang ngeksis (segi positif maupun negatif), dan sebagainya. Dan untuk memahami dan mengerti itu semua, anda harus belajar.

Membuat tampilan menarik dan bikin nyaman

Ibarat sebuah rumah yang baru dibangun, diperlukan assesoris dan perlengkapan untuk mengisi rumah anda agar terlihat menarik dan bikin betah penghuninya. Tata letak dan bangunan rumah yang simpel dan mudah diakses oleh semua penhuninya. Anda tidak akan semena-mena bisa mewujudkan semua itu. Butuh proses pembelajaran dan kreatifitas unik anda.

Jangan pikirkan dulu apakah orang yang mengunjungi rumah anda akan betah dan tertarik atau tidak. Pikirkan saja apa yang bisa membuat anda betah dirumah anda sendiri. Hal tersebut nantinya akan mudah memancing ide-ide baru buat anda. Pasang widget-widget mulai dari yang paling penting menurut anda dan buat blog anda. Buat skala prioritas untuk widget tersebut. Sekiranya kurang perlu, tidak usah dipasang.

Mencari ide dan menuliskannya

Butuh imajinasi dan kreatifitas anda sendiri untuk mewujudkan sebuah artikel yang orisinil. Bagaimana ide anda itu dapat anda sampaikan kepada pembaca melalui tulisan anda. Imajinasi yang kuat akan mampu menciptakan ide-ide cemerlang dari otak anda. Tumpahkan semua pemikiran anda itu dengan kreatifitas tulisan anda. Sebuah tulisan yang baik akan mampu menghipnotis para pembaca untuk larut kedalam topik tulisan anda.

Toh meskipun ide tersebut tidak murni dari anda, tapi anda bisa menyampaikannya dengan gaya anda sendiri, akan membentuk karakter tulisan yang anda ciptakan, tanpa menghilangkan sumber ide tersebut. Anda tetap bisa berkarya lewat artikel anda.

Manfaatkan sosial media dan sarana pertemanan

Banyak sekali sarana pertemanan yang bisa anda manfaatkan untuk kelangsungan blog anda. Saling bertukan pikiran mengenai pengetahuan blogging. Tips-tips dan saran yang membangun untuk menambah ilmu anda. Anda tidak akan mungkin bertahan hidup sendirian. Anda membutuhkan tetangga untuk bersosialisasi. Rumah anda akan sepi jika pintu rumah anda selalu tertutup. Buka lebar-lebar pintu dan jendela rumah anda agar pengunjung tidak segan mampir dan membaca isi blog anda.

Manfaatkanlah situs sosial media untuk mencari teman. Aktiflah di beberapa media sosial untuk melebarkan sayap. Nge-tweet maupun update status tentang kegiatan anda. Ajak mereka mampir kerumah anda sekedar 'minum kopi' atau ngobrol dengan meninggalkan komentarnya.

Banyak sekali cara belajar tentang perblog-an. Tinggal bagaimana cara anda mendapatkan informasi tersebut untuk kemajuan blog yang anda kelola. Google merupakan gudangnya informasi. Anda bisa mamanfaatkannya untuk memperoleh informasi-informasi berharga. Paling tidak itu merupakan informasi gratis yang disediakan buat anda. Maka manfaatkanlah. Lain halnya jika anda ingin serius dan menekuni dunia (bisnis) internet sebagai tumpuan hidup anda. Anda memerlukan seorang guru maupun sebuah panduan. Dan informasi yang disediakan memang tidak murah dan ada harga yang harus dibayar.
“Jika Anda sungguh-sungguh mau belajar, maka banyak jalan yang terbuka buat Anda. Jika keinginan kuat Anda mengalahkan segalanya, makan jalan terbaik akan datang menghampiri Anda.”
 Cukup tiga cara pembelajaran diatas dari saya. Kita sambung lagi di postingan saya selanjutnya. Jika dari temen-temen ada yang ingin nambahin silakan sampaikan di kotak komentar.

Happy blogging!.



Share:

Labels