Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

5 Januari 2011

Belajar Menjadi Blogger yang Baik

Meskipun belum dikatakan sebagai seorang blogger yang baik, tapi saya selalu berusaha belajar menjadi blogger yang baik. Ada banyak sekali kriteria seorang blogger yang baik. Tergantung pula dari cara pandang masing-masing pribadi blogger itu sendiri.


Dari cara pandang saya, kriteria tesebut dapat dilihat dari tulisan-tulisannya, cara pandang, penyampaian pendapat dan sebagainya.

Tulisan asli

Ini yang paling utama. Maksudnya adalah seorang blogger itu harus punya ide sendiri. Hasil tulisan yang disampaikan dalam artikelnya pun murni dari diri sendiri, tidak menjiplak.

Tidak ada salahnya memang jika kita menulis hasil pemikiran orang lain. Tetapi kalau kita ingin menyampaikan dalam blog kita sendiri, kita harus tulis dengan gaya sendiri. Dan jangan lupa pula cantumkan data sumber dari artikel.

Komentar di blog

Hari gini masih banyak sekali blogger yang meninggalkan komentar diblog orang lain dengan gaya yang *menurut saya* alay dan lebay. Entah kalau anda menyebutnya apa. Kalau dari blognya mas agoes widodo saya sempat baca, anti komentar yang hanya sekedar manut "thanks bro..","nice info","artikel yang bagus..","salam kenal..".
Atau ngemis link seperti "kunjungin blogku ya.", "saya tunggu kunjungan baliknya"," mampir donk..".

Jika anda berniat meninggalkan komentar diblog lain, berikanlah pendapat anda tentang artikel tersebut, saran atau kritik yang membangun, atau sekedar membuka obrolan tentang blog. Anda akan lebih di pandang dan dianggap layak sebagai blogger. Jika komentar anda bagus, tanpa anda mintapun pasti pemilik blog akan dengan senang hati mengunjungi blog anda.

Rutin update artikel

Saya masih harus banyak belajar juga kalau yang ini. Masih harus bisa menjadwal waktu.
Update artikel rutin disini bukan harus setiap hari anda menulis dan update artikel anda. tapi disini adalah terjadwal. bisa saja anda update artikel anda 2hari sekali, 3 hari sekali, seminggu sekali. Artinya anda punya komitmen untuk menulis artikel dan salalu menyirami blog anda dengan benih-benih artikel.

Jalin persahabatan

Ini dilakukan oleh semua blogger. Bagaimana jika anda hidup didunia ini sendirian?
Jalinlah persahabatan atau saling berkunjung ke blog lain. Tinggalkan komentar yang baik. Saling tukar link. Aktif di forum-forum. Aktif di milis. dan masih banyak lagi cara menjalin hubungan baik dengan sesama blogger.

Apalagi ya...?

Silakan anda tambahkan di kotak komentar ya agar kita semua khususnya saya sendiri juga bisa menjadi blogger yang baik hati dan tidak sombong.

Keep Smile..
Share:

Labels