Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

8 Januari 2011

Cara Instan Bikin Blog Ramai Komentar dalam Semalam

Banyak sekali narablog yang sudah membahas cara instan bikin artikel blog yang ramai komentar diluar, tapi saya akan bahas cara yang cepat dan instan hanya dalam semalam. Nah menarik gak tuh? saya yakin semua orang suka yang cepat dan instan, meskipun gak ada yang instan kecuali mie instan. Tapi disini gak ada yang gak mungkin. Kebanjiran komentar dalam semalam.

Kaya iklan aja ya.. "Kaya dalam semalam..","dalam semalam anda ATM akan kebanjiran uang".."Blog ramai komentar dalam semalam?". 


Jika ada yang bertanya, bisakah blog saya ramai komentar hanya dalam semalam? saya jawab dengan tegas BISA. Mari kita bahas hal ini di blog kesayangan saya ini.

Sebelumnya saya ingin menunjukkan beberapa blog kawan saya yang hanya posting dalam semalem aja udah bejibun komentar yang masuk. Mereka yang mengatakan #bloggermalam hanya membutuhkan sekian detik untuk menimbun komentar-komentar dari para fansnya. Coba deh berkunjung ke blognya mas Darin, andysianipar.com, tomipurba.net, Agussiswoyo.com, dan banyak yang belum bisa nulis. Saya juga banyak belajar dari mereka.

» Download gratis ebook bisnis CPA (raih dolar tanpa jualan)

Aneh memang jika saya memberi tips tentang cara membuat blog ramai komentar, sedangkan blog saya sendiri sepi komentar. Untuk itu sebelum saya melanjutkan *cerita saya*, mohon bagi yang sudah master bersedia memberikan tambahan tipsnya dan jangan diketawain ya. *damaii..*



Tahap persiapan

Sebelum anda mengeluarkan jurus ampuh, anda harus memasang kuda-kudanya terlebih dahulu sebagai antisipasi jika nanti ada serangan komentar dari pengunjung. Dalam tahap persiapan ini yang harus anda siapkan yaitu:
  • Kuda-kuda pertama
Siapkan sebuah artikel yang bisa menarik perhatian setiap pengunjung. Tidak harus bagus atau berbobot. Tapi yang bisa membuat orang ingin berkomentar. Misal anda tulis artikel yang kocak. Setiap yang membaca tulisan anda pasti ingin tertawa terbahak *minimal tersenyum-lah*. Gak harus tulisan kok, gambar, foto atau apapun yang bisa divisualisasikan dalam blog anda.
  • Kuda-kuda kedua
Apa jadinya jika kita menginginkan blog ramai komentar tapi tidak disediakan kotak komentar. Ya, sediakan kotak komentar pada blog anda. Setting kotak komentar anda dengan benar agar pengunjung tidak bingung meninggalkan komentar. Kadang hal ini kurang disadari oleh para beginner. Jika setting sudah anda lakukan, jangan lupa lakukan tes pada kotak komentar anda.

Nah, cukup dua poin itu dulu yang perlu anda siapkan pada blog anda. 


Tahap serangan

Karena ini merupakan cara instan, maka saya tidak akan berbelit memberikan cara-cara yang panjang dan lebar. Karena sudah banyak hal ini dibahas. 


Oke, setelah anda melakukan persiapan-persiapan tadi, sekarang saatnya melakukan hal-hal berikut :
  • Jurus pertama
Saya anggap anda sudah melakukan tahap persiapan diatas. Dan anda sudah mempersiapkan artikel yang menarik. Sekarang saatnya melakukan blogwalking *saya yakin anda sudah menjalankannya saat ini*. Berkunjunglah ke blog-blog yang ramai komentar. Tinggalkan komentar yang baik dan belajarlah jadi blogger yang baik. Sambil blogwalking, pelajari cara mereka menyapa/membalas komentar. 

Kunjungi sebanyak-banyaknya blog mereka yang meninggalkan komentar. Tinggalkan komentar yang baik pula di setiap blog yang anda kunjungi. Jika anda berkomentar yang baik, maka mereka tidak akan segan untuk mengunjungi balik blog anda. Nah, disini akan terjadi jalinan yang baik pula antar blogger. Mereka yang berkunjung balik ke blog anda, membaca artikel anda yang menarik, terus komentar pasti ditinggalkan.

# Semakin banyak blog yang anda kunjungi, semakin banyak pula yang berkunjung balik ke blog anda, semakin banyak yang membaca artikel anda. Semakin banyak pula komentarnya.

Anda komentar 1000 blog dalam sehari, maka bersiaplah menerima 1000 komentar di blog anda.
Lakukan blogwalking dalam semalem dan tunggulah keesokan harinya ATM (Artikel Tengah Malam) anda akan kebanjiran DoIT (komentar).

  • Jurus kedua
Bak seorang pemilik cafe. Setiap pengunjung yang datang dan makan ke cafe, layani dengan ramah-tamah. Mereka pasti akan merasa senang dan betah duduk santai di blog anda. Kesempatan mereka balik lagi ke blog anda juga semakin besar. Karena mereka merasa puas telah dilayani dengan tulus. Untuk itu setiap pengunjung yang meninggalkan komentar di blog anda, sambutlah/balas komentar mereka dengan ramah-tamah. Sedikit bercanda juga gak masalah. Terserah bagaimana cara anda menyambut mereka.

Cara ini telah saya buktikan melalui posting artikel sebelumnya. Bukannya mau pamer komentar (wong cuman ada 24 komentar), saat itu saya hanya meninggalkan komentar di beberapa blog kawan blogger lain. Coba jika saya bisa ninggalin komentar lebih banyak..


Setiap orang berpeluang menjadi pengunjung setia, tergantung bagaimana cara kita membuat mereka kerasan duduk santai di blog kita. Belajarlah kepada mereka yang blognya kebanjiran komentar.


  • Jurus ketiga
Lakukanlah blogwalking secara continue. Menyapa sahabat blogger lain sangat membantu agar blog kita juga mendapatkan "tempat" di blogosphere. Bukan hanya sekedar update artikel, blogwalking, lalu di telantarkan begitu aja. Konsistensi blogging harus dipupuk dengan baik. Lakukanlah mulai saat ini juga jika anda merasa belum melakukannya.

» Download gratis ebook bisnis CPA (raih dolar tanpa jualan)

Itu hanya beberapa tips sederhana dari saya yang sudah biasa dilakukan oleh setiap blogger. Sebenarnya banyak sekali cara yang lain untuk meningkatkan traffic maupun PR selain lewat komentar. Bukan komentarnya yang paling penting, tapi tali silaturrahmi antar blogger yang baik yang harus tetap dijaga. Agar lingkungan blogosphere tetap diwarnai kreatifitas masing-masing pribadi penghuninya. Apakah Anda punya cara instan bikin blog ramai komentar dalam semalam?

Salam blogging.
Share:

Labels