Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

28 Februari 2011

Blogger Bingung

Blogger masih bingung?! kan blogger juga manusia. Yang tak lepas dari salah dan dosa. Sudah biasa lah kalau blogger masih banyak yang bingung. :halah:

Atau jangan-jangan Anda tidak pernah bingung lagi! hihi..
Banyak cara untuk mengatasi kebingungan itu. Dan masing-masing blogger pasti punya cara sendiri mengatasinya.
Blogger Bingung

Terlepas dari tips atau cara mengatasi kebingungan dan mencari ide yang disampaikan para senior, yang sudah pontang-panting di dunia perbloggeran, ini beberapa tips yang saya lakukan saat saya merasa bingung ngeblog.

Cuci muka. Jika perlu mandi + keramas

Dengan membasuh muka, diharapkan pikiran menjadi fresh, seger, tidak ngantuk, dan rileks. 
Jika sekedar cuci muka aja dirasa kurang, langsung mandi aja gan plus keramas sekalian. Biar panas di kepala agan pada luntur semua. Gatel-gatel pada ilang. Yang jelas bau keringat yang bikin ganggu aktifitas ngeblog juga ikut terbuang ke selokan. #hehe

Makan


Setelah merasa suci kembali, isi perut agan biar ada tenaga buat bekerja (blogging). Jangan salah loh ya, ngeblog juga harus siap lahir batin. Tenaga lahirnya juga harus terpenuhi dengan cara makan itu tadi.
Gak harus nasi kok gan. Apapun yang bisa mengganjal perut agan dan halal tentunya (Meski orang Indonesia bilang: gak makan kalau belum makan nasi ).

Kalau persiapannya udah, langsung deh berangkat kerja (kalau punya ruang kerja sendiri buat ngeblog), kalau gak ada yang langsung pantengin tuh monitor dasbor. Ready to writing!

Bersihkan layar monitor

Agar gak terganggu dengan aktifitas lain. Tutuplah semua aplikasi yang sedang terbuka di desktop. Yang gak ada hubungannya dengan kegiatan blogging agan, singkirkan dulu sementara.
Gak fesbukan ato twitteran dulu. Fokuslah pada kejernihan pikiran agan.

Jalan-jalan


Nah, kalau badan sudah wangi, perut kenyang, rumah bersih, waktunya jalan-jalan dan nampang.
Langsung aja berkunjung ke rumah/blog tetangga yang bisa memberikan inspirasi. Sehingga jika agan gak ada ide sama sekali buat nulis biar dapat dari sana.

Saya menyarankan agan ke blognya mas Agus Siswoyo, Arief Maulana, Mashengky (yang katanya udah berhenti ngeblog), cafegue, darinholic (dengan gambar kartunnya). Atau jika cari ide tentang bisnis bisa ke Om Joko Susilo, Andry Sianipar, Hosnan Fauzi, dll.

Banyak sekali blog yang bisa dijadikan referensi untuk mencangkul ide agan. Jika masih kurang bisa agan cari sendiri di gugel :-)

Eksekusi ide tersebut meski kecil


Dari semua blog yang saya sebutkan di atas, masa gak ada satupun yang nyantol di otak?
Kalau sudah dapatkan ide tersebut, langsung di eksekusi ide agan tersebut. Tulis aja apa yang ada di otak agan. Gak perlu dengan bahasa yang formal. Lakukan apa yang membuat agan rileks. Seperti artikel ini. Coba bandingkan dengan tulisan saya sebelumnya. *promosi2*

Dengan gambar


Terkadang seseorang yang buntu ide menulis, akan terasa berat untuk menulis satu artikel. Jangan artikel, membuat satu paragraph aja susahnya minta ampun.

Untuk mensiasati itu, coba agan cari gambar-gambar yang menarik dan berikan sedikit keterangan.
Atau sebaliknya, buat sedikit tulisan dan selanjutnya jelaskan dengan gambar. Ini akan membantu.
Seperti komik gitu.

Tips di atas merupakan salah satu trik yang saya pakai untuk menghadapi kebingungan saat menghadapi ujian tulis. Bukan maksud menggurui menghakimi, sok pintar dan sok-sok yang lain.

Cukup sampai di sini dulu sharing kali ini. Saya mau melanjutkan wawancara sama Nurdin Halid...
Semoga bermanfaat gan!.
Share:

22 Februari 2011

Menulis Artikel di Majalah Online

Majalah Online CafeZine edisi 6 / Februari 2011 telah terbit. Silakan di download di http://cafezine.im/.

Untuk edisi bulan ini, topik yang di ambil adalah Total Online. Dan beberapa blogger yang telah berkontribusi dalam penerbitan cafezine edisi bulan ini adalah Agus SiswoyoArief MaulanaWilianto Indrawan dan Zainul Abidin.

CafeZine - Majalah Bisnis Online Indonesia
image source : http://agussiswoyo.com
Setelah saya download dan baca, saya sempatkan mereview di blog ini. Beberapa artikel yang dimuat masih seputar Internet. Berikut beberapa isinya :

  • Tips Bijak Memilih Produk Online
  • Andakah Fulltime Blogger Berikutnya?
  • Seberapa Penting Membangun Branding Offline
  • Membangun Form Proses dengan PHP
  • Menyeimbangkan Pekerjaan dan Keluarga
  • Dan Banyak Lagi Lainnya...
Bagi teman-teman yang ingin berkontribusi di majalah online ini, bisa langsung ke situsnya atau cek di artikel cafebisnis.

Happy Writing!
Share:

19 Februari 2011

Hikmah di Balik Berkah

Benar gak tuh judulnya? Biasanya kan "Hikmah di balik musibah"? Terserah Anda lah, toh itu juga hanya sebuah judul. Memang karena ini bukan "biasa". Hehe :-)

Tepat selama 7 hari saya gak posting di blog ini. Bukan karena tanpa alasan. Memang karena beberapa alasan itulah yang akan saya tulis disini.

Terakhir tulisan saya tanggal 11 yang lalu yang mereview ebook gratis dari Tung Desem Waringin terkait akan dilaunch website barunya tanggal 31 maret 2011 nanti (kalau saya tidak salah ketik). Bagi rekan yang belum sempat mendownload ebook gratisnya, silakan download aja langsung.


Kembali pada Hikmah di balik berkah.


Adalah sebuah rahasia Allah SWT jika kejadian yang dirasa oleh manusia suatu musibah atau bencana itu terjadi. Dibalik itu semua pasti disisipkan suatu rahasia besar dan tentunya terbaik buat kita.

Tepatnya tanggal 28 Januari 2011 kemarin, saya resmi non-aktif dari perusahaan saya bekerja. Selama 6 tahun terakhir ini saya mengabdi jadi karyawan. Saya berusaha jadi karyawan yang baik. Dan hasilnya juga gak tahu apakah itu baik juga bagi perusahaan.

Tapi dari sisi perusahaan, pengabdian saya selama 6 tahun itu seakan hangus oleh karena suatu kelalaian 6 hari. Seperti tidak ada kebaikan sama sekali yang pernah saya lakukan untuk perusahaan. Hanya sebuah kalimat "Mulai hari ini kamu sudah tidak aktif bekerja!" seakan sebuah senjata ampuh untuk melumpuhkan rusa yang kelelahan.

Apakah ini ungkapan rasa kekecewaan saya? Oh tidak juga. Justru ini adalah ungkapan rasa syukur saya.
Saya merasa bagaikan seekor kucing yang selalu makan dari majikan, dan akhirnya bisa lari lewat jendela dan mencari makan sendiri tanpa selalu mengeong mengharap sesuap nasi.

Rasa syukur itu tiba-tiba berlimpah dan tak terbendung kala istri tercinta saya, Putri Octavia, melahirkan seorang jagoan kecil yang lucu. Tepat pada saat seluruh umat islam merayakan kelahiran Rosulullah SAW tanggal 15 Februari 2011 kemarin.
Karena kehamilan istri saya itu juga menjadi salah satu alasan saya hengkang selama seminggu di blogosphere. Tidak sempat nulis, blogwalking, membalas komentar, bertutursapa dengan blogger lain. Hanya sekedar mengintip blog ini saja saat  ada sedikit waktu luang. Itupun hanya lewat opera mini.

Tuh, melenceng lagi dari judul!.. Balik lagi ke "Hikmah di Balik Berkah".

Itulah kenapa saya bilang "hikmah di balik berkah".
Pemutusan hubungan kerja (PHK) dari perusahaan, tidak membuat saya frustasi, pesimis maupun down. Saya jadikan itu adalah sebuah berkah dari Allah. Karena saya yakin, Allah punya sesuatu yang lebih baik buat saya. Allah punya rencana yang lebih besar untuk hidup saya.

Sedangkan hikmah yang saya terima, adalah seorang putra pertama dari rahim istri saya. Sebuah anugerah terindah dalam hidup ini. Sebuah rezeki terbesar buat keluarga saya. Dan menjadikan istri saya seorang wanita sempurna.

Penutup, saya ingin berpesan kepada rekan blogger. Segala hal di dunia ini yang menurut kita adalah sebuah musibah, janganlah Anda langsung mengecam Allah tidak adil kepada Anda. Karena dibalik itu semua,masih ada rencana besar menanti Anda. Masih ingat tulisan saya terdahulu tentang warga biasa yang ingin terbang ke bulan dan gagal di seleksi tahap akhir?

Terakhir, sedikit kenang-kenangan dari saya, foto artis tanpa baju yang hanya berselimut kain. Foto putra saya yang baru lahir beberapa hari kemarin.

Ezza Maulid Al-Faizi
Jagoanku1
Ezza Maulid Al-Faizi
Jagoanku2
\
Share:

11 Februari 2011

GRATIS Ebook Dari TDW University - Bussines Session

ebook gratis TDW MasteryBeberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah email dari TDW Club, bahwa seorang Pelatih Sukses no. 1 di Indonesia Tung Desem Waringin and Team akan melaunching  TDW Mastery pada tanggal 31 Maret 2011 nanti.

Oleh karena email tersebut tidak langsung saya baca dan terkesan saya abaikan, saya ketinggalan sama temen yang lain mendapatkan ebook gratisnya.

Bagi teman-teman yang mau menyempatkan diri berkunjung kesana, ada hadiah dari TDW yaitu sebuah Free Ebook TDW University – Business Session (dibatasi hingga 1000 orang).

Dan hanya dengan  mereferensikan "produk gratisan" tersebut kepada teman Anda, berkesempatan mendapatkan hadiah utama Rp. 30.000.000 (30 juta) dan berbagai hadiah menarik lainnya.

So, bagi Anda yang saat ini sedang membaca tulisan saya ini, jangan buang waktu Anda, dapatkan Ilmu pembelajaran baru dan bermacam-macam hadiah yang telah menunggu anda di member Area.
Langsung menuju situsnya klik disini.

tdw

Berikut saya copas sedikit dari isi ebooknya :

*****

TDW Mastery - Membuat Nilai Tambah dalam Bisnis


Dalam bisnis ini kita harus selalu mempunyai nilai tambah, sebetulnya nilai tambah itu secara garis besar di bagi tiga. Anda hanya bisa ambil dua , jarang sekali anda bisa tiga tiganya. Ini saya ambil dan belajar dari Michael Tracy bagaimana ”Double Digit Grow”. Ini buku yang sangat bagus dan bagaimana kita tumbuh dua kali lipat.

Dia cerita tentang IBM dan perusahaan yang tumbuhnya cuma dua sekian persen tapi ada juga yang 11% dan 20%,dan terus tumbuh. Dan ada Jhonson n jhonson yang tumbuh selama 59 tahun bisnis nya terus tumbuh dan tumbuh terus. Dan saya pun masih terus harus belajar, disini dikatakan oleh Michael Tracy ada tiga keunggulan bisnis.

Satu adalah murah, anda dengan operasional yang paling ringkes dan paling efisien anda bisa murah. Bisa seperti toko buku saya, satu keunggulannya adalah murah, parkir gratis dan segala macam yang lainnya, yang kedua keunggulan berikutnya adalah unggul dalam mutu produk – produk anda, dahsyat luar biasa , mutunya lebih baik di banding yang lain, yang ketiga adalah servisnya atau pelayanannya.

Hanya tiga menurut dia dan servis itu termasuk kecepatan..

Action Plan :
1. Apa nilai tambah Perusahaan Anda?
2. Bagaimana di banding dengan Perusahaan kompetitor?
3. Buat nilai tambah yang dapat meningkatkan penjualan

Demikian dari Saya, Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih banyak lagi, Anda bisa mendapatkannya secara Gratis sebuah eBook TDW University – Business Session karya mentor Saya Tung Desem Waringin sebuah panduan untuk meningkatkan kekayaan Anda. Segera klik TDW Mastery.

Anda bisa mendapatkannya di sini :
http://tdwmastery.com/bm/?id=8432 (link affiliate saya - monggo diklik tuh biar bonus saya makin gede :-D)

atau jika males dari link saya, ini defaultnya:
http://tdwmastery.com/

Share:

5 Februari 2011

Skandal Aida Saskia di Google

Setelah kasus Luna Maya dan Ariel Peterpan beberapa waktu lalu meramaikan dunia Indonesia dan dunia maya, tak kalah hebohnya saat ini munculnya nama Aida Saskia sang pendatang baru dengan berbagai Kasusnya.

Sebelumnya mohon maaf, jika Anda membaca artikel ini dengan maksud dan tujuan mencari foto dan video Aida Saskia yang sedang "telanjang". Karena tujuan saya menulis ini bukan untuk ikut meramaikan dan menyebarkan foto-foto tersebut, tapi melihat perkembangan kata kunci dengan menggunakan "Aida Saskia Telanjang".

Berikut hasil percobaan saya mengetik di google dengan keyword "Aida Saskia Telanjang":
Hasil pencarian keyword: aida saskia telanjang

Dalam 0,12 detik ada sekitar 321.000 hasil pencarian. Sungguh fantastis angka yang di hasilkan. Dan rata-rata mereka menggunakan keyword: bugil, telanjang, mandi, porno.

Banyak blogger juga ikut memanfaatkan momen berikut. Sekedar untuk berbagi informasi, mendatangkan traffic dengan keyword tertentu, atau sekedar ikut meramaikan di blognya.. Gak tahu juga lah. 

Kalau dalam hal perkembangan informasi, terus terang saya kurang mengikuti dan kurang peduli, siapa aida saskia, apa saja kasus yang menimpanya, siapa saja yang terlibat, bagaimana sepak terjangnya...I Don't Care!. Dan sampai saat ini pun saya kurang paham dan gak ingin paham tentang kasusnya.

Kenapa saya menulis ini?

Pada dasarnya memang saya tidak tertarik dengan berita hebohnya. Tapi saya tergelitik untuk sedikit menulisnya. Dimana setiap saya blogwalking banyak sekali blogger yang membahasnya, menampilkan foto hot, berbagai iklan juga menampilkan hasil pencarian tentangnya. Jadinya, dimana-mana membahas kasusnya, huh, sebagai blogger saya hanya menuliskan apa yang saya tulis, right?! Hehehe...

Ngintip dikit fotonya yuk...!!



Bagaimana menurut Anda? Ada yang bener-bener bugil gak?



Share:

Tips Menentukan Desain Blog

Kalau Anda ketik "Tips Menentukan Desain Blog" di google maka banyak sekali blog yang mengupas dan menulis tentang tips-tips desain blog. Setelah kemarin mendapat beberapa masukan dari para kawan blogger mengenai rencana saya pindah domain, kali ini saya sampaikan sebuah tips. Tips blogging.

Ibarat bangunan, sebuah rumah dapat berdiri kokoh dan kuat jika pondasi yang dibangun juga kokoh. Demikian pula dengan blog. Pondasi yang kuat menjadi syarat mutlak jika ingin punya blog yang spektakuler. Sudah barang pasti kalau  konten merupakan pondasi utama dari sebuah blog. Saya yakin semua pasti setuju!.
zainul abidin blog motivasi
Konten yang menarik bisa memberikan daya magis tersendiri bagi pengunjung blog. Sebuah efek untuk kembali lagi pasti terjadi. Tapi juga perlu diingat, selain mempunyai pondasi yang kuat, desain blog juga harus mendukung.

Di samping untuk menarik perhatian pengunjung, desain yang unik dan apik juga bisa menimbulkan daya magis tersendiri. Banyak pula pengunjung yang bolak-balik mengunjungi suatu blog karena kecantol dengan desain keren.

Saya bukan mau membahas lebih jauh tentang konten maupun desain, karena jika Anda cari di google pun sudah banyak yang membahas. Karena saya ingin sedikit sharing beberapa hal tentang pemilihan themes/template blog.

Beberapa kawan blogger yang sempat saya kunjungi bognya, rata-rata mereka masih belum sreg dengan tampilan blog mereka. Banyak yang gonta-ganti themes demi untuk mencari tampilan yang pas. Bukannya saya ingin menggurui maupun sok dengan yang lain, karena saya sendiri dalam beberapa minggu terakhir juga suka dengan ganti tampilan blog ini. 

Alasan saya hampir sama dengan yang lain, masih kurang pas dan pengen ganti suasana biar lebih fresh. Tak jarang pula seorang blogger akan mendapatkan ide berlimpah dengan melihat tampilan blog yang segar.

Selain itu juga saya masih mencari template blogger yang SEO friendly. Dengan template yang seo friendly,  kerjaan kita akan lebih di ringankan dalam hal optimasi seo. Mungkin dalam beberapa kasus kita harus melakukan sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa kriteria saya dalam pemilihan template untuk blospot saya saat ini. Mungkin juga bisa Anda jadikan catatan buat pemilihan template/themes buat blog Anda sendiri. Karena dasarnya saya buta dengan kode-kode pemrograman, maka saya cari jalan pintasnya aja, dengan mencari template blog yang udah jadi.

Sederhana tapi Elegan
Desain yang mempunyai tampilan sederhana ini saya maksudkan agar pengunjung lebih mudah memahami dan menerima pesan yang disampaikan dalam blog. Desain elegant agar tidak terkesan norak dan kampungan. (emang ada blog yang norak dan kampungan? hehe..saya rasa gak ada!)
Warna yang Cerah dan tidak mencolok
Tidak harus menggunakan warna-warna yang identik dengan keceraan (putih, kuning, merah, dll). Bisa warna apapun asalkan tampilannya cerah. Saya ingin memberi kesan yang bersih.

SEO Friendly
Seperti yang saya sampaikan di atas. Template blog yang seo friendly bisa sangat membantu Anda dalam optimasi SEO. Sangat membantu jika Anda mengikuti kontes-kontes SEO oleh blogger lain.
Hal ini pernah saya buktikan, ketika saya menggunakan template yang seo friendly, dalam beberapa keyword tertentu blog saya bisa muncul dalam halaman pertama Search Engine.

Mudah Pengaturan
Dalam beberapa kasus memang themes yang sudah ada tidak dapat di utak-atik sesuai keinginan. Berbeda lagi bagi Master HTML atau CSS (seperti mas Hendro) yang bisa dengan mudah bikin themes sendiri.

Itu hanya beberapa kriteria saya aja. Mungkin diantara Anda punya kriteria sendiri, it's ok. Setiap orang punya cara dan selera yang berbeda.

Bagaimana dengan Anda?

Keep writing!
Share:

2 Februari 2011

Rencana Pindah Domain

Banyak sekali kawan blogger menyarankan saya agar segera pindah domain dari yang gratisan ke berbayar. Berbagai alasan dan support mereka  sampaikan, biar ngeblognya lebih serius, biar lebih enak, lebih keren, untuk personal branding juga, dan berbagai support lainnya. Selama ini memang saya masih nyaman-nyaman saja menggunakan domain blogspot (www.belajarlevelsatu.blogspot.com) dari blogger.

blog motivasi, bisnis, dan blogging
Bukannya gak pengen ganti rumah baru ke yang lebih serius, bukan pula karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan blogspot J. Sempat terfikir juga untuk pindah ke dot com, tapi karena beberapa hal dan beberapa alasan yang memungkinkan saya untuk menunda dan memundurkan niat saya untuk segera pindah rumah. Beberapa alasan saya itu:
  • Belum menemukan nama baru untuk blog saya. Bagi saya sebuah nama itu sangat penting. Nama yang bagus akan memberikan sugesti untuk kemajuan blog. Saya tidak ingin membuat nama blog asal-asalan. Branding harus saya bentuk sejak awal.
  • Alasan kedua saya yaitu biaya. Bukannya sekarang sudah banyak penyedia nama domain dengan harga terjangkau? Benar. Maka dari itu saya juga harus benar-benar selektif dalam memilih penyedia layanan yang berkualitas. Apalagi bagi orang yang sudah berkeluarga seperti saya. Keuangan harus benar-benar di manage. Kesalahpahaman tentang uang bisa berbuntut panjang. Untuk itu saya cari yang murah. Murah belum tentu murahan, kan?
  •  Konsistensi blogging saya dipertaruhkan. Dengan domain (berbayar) baru harusnya bisa membuat tuan rumah lebih semangat dan serius dalam menulis artikel di blognya. Saya setuju dengan sobat Darin yang menyatakan di blog dot infonya, mengenai blognya gak peduli “gimana nanti” dari pada harus pusing dengan “nanti gimana?”.
  • Pilihan hosting yang tepat, atau bahkan tidak sewa hosting yang berbayar. Kalau misalnya harus pakai self-hosting maka berapakah kapasitas memori yang saya perlukan untuk sekedar menampung tulisan-tulisan saya.
  • Mungkin di antara kawan blogger yang lain juga tengah menghadapi hal serupa dengan saya. Untuk itu, bagi para master, para senior, atau siapa saja yang bisa membantu mengatasi masalah saya tersebut, harap berikan masukan atau apapun yang membantu, saya sangat berterima kasih.
Sewa Domain dan Hosting

Mungkin ini pertama kali yang harus saya perhitungkan. Sewa domain dan hostingnya. Saat ini saya sedang melirik dua penyedia layanan ini. Dimana keduanya sama-sama menawarkan harga yang menarik (menurut dompet ane.. J). Dan menurut mereka yang merekomendasikan (orang-orang yang sudah malang melintang di dunia online – read: master) penyedia layanan ini sangat professional.

Nama Blog atau Domain

Sebuah brand akan lebih mudah dibentuk dengan menggunakan nama blog itu sendiri. Sebagian besar blogger menggunakan nama mereka untuk nama blog mereka. Sehingga nama mereka bisa dikenal oleh banyak penghuni blogosphere.

Itulah pentingnya personal branding. Orang bisa mengenal kita hanya dengan memanfaatkan blog. Blog yang sukses spektakuler akan membawa pemiliknya juga ikut sukses.

Nama Blog yang Cocok?

Nah, kali ini saya ingin meminta bantuan dari anda. Jika harapan saya di atas bisa saya wujudkan, lantas apakah nama blog yang cocok buat saya? Disampaing membangun personal branding lewat blog, juga bisa memberikat sugesti positif nantinya buat saya untuk seriusi dunia blogging. Bisa memberikan harapan buat saya untuk selalu bisa menulis ide-ide segar dan berkualitas.

Jika ada teman yang ingin membantu saya disini silakan disampaikan lewat kotak komentar. Demi memudahkan siapa saja untuk berkomentar, tidak ada moderasi maupun verifikasi kata anti SPAM di blog ini. Sebagai bahan pertimbangan Anda semua, berikut datanya :

Nama saya            : Zainul Abidin
Domain harapan  : dot com 

Perlu anda ketahui juga, bahwa nama saya di atas banyak sekali memiliki nama yang sama. Sehingga domain :

zainul abidin dot com (not available) – sudah terpakai
zainul dot com (not available) – sudah terpakai

Silakan yang mau memulai..!
Share:

Labels