Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

28 Februari 2011

Blogger Bingung

Blogger masih bingung?! kan blogger juga manusia. Yang tak lepas dari salah dan dosa. Sudah biasa lah kalau blogger masih banyak yang bingung. :halah:

Atau jangan-jangan Anda tidak pernah bingung lagi! hihi..
Banyak cara untuk mengatasi kebingungan itu. Dan masing-masing blogger pasti punya cara sendiri mengatasinya.
Blogger Bingung

Terlepas dari tips atau cara mengatasi kebingungan dan mencari ide yang disampaikan para senior, yang sudah pontang-panting di dunia perbloggeran, ini beberapa tips yang saya lakukan saat saya merasa bingung ngeblog.

Cuci muka. Jika perlu mandi + keramas

Dengan membasuh muka, diharapkan pikiran menjadi fresh, seger, tidak ngantuk, dan rileks. 
Jika sekedar cuci muka aja dirasa kurang, langsung mandi aja gan plus keramas sekalian. Biar panas di kepala agan pada luntur semua. Gatel-gatel pada ilang. Yang jelas bau keringat yang bikin ganggu aktifitas ngeblog juga ikut terbuang ke selokan. #hehe

Makan


Setelah merasa suci kembali, isi perut agan biar ada tenaga buat bekerja (blogging). Jangan salah loh ya, ngeblog juga harus siap lahir batin. Tenaga lahirnya juga harus terpenuhi dengan cara makan itu tadi.
Gak harus nasi kok gan. Apapun yang bisa mengganjal perut agan dan halal tentunya (Meski orang Indonesia bilang: gak makan kalau belum makan nasi ).

Kalau persiapannya udah, langsung deh berangkat kerja (kalau punya ruang kerja sendiri buat ngeblog), kalau gak ada yang langsung pantengin tuh monitor dasbor. Ready to writing!

Bersihkan layar monitor

Agar gak terganggu dengan aktifitas lain. Tutuplah semua aplikasi yang sedang terbuka di desktop. Yang gak ada hubungannya dengan kegiatan blogging agan, singkirkan dulu sementara.
Gak fesbukan ato twitteran dulu. Fokuslah pada kejernihan pikiran agan.

Jalan-jalan


Nah, kalau badan sudah wangi, perut kenyang, rumah bersih, waktunya jalan-jalan dan nampang.
Langsung aja berkunjung ke rumah/blog tetangga yang bisa memberikan inspirasi. Sehingga jika agan gak ada ide sama sekali buat nulis biar dapat dari sana.

Saya menyarankan agan ke blognya mas Agus Siswoyo, Arief Maulana, Mashengky (yang katanya udah berhenti ngeblog), cafegue, darinholic (dengan gambar kartunnya). Atau jika cari ide tentang bisnis bisa ke Om Joko Susilo, Andry Sianipar, Hosnan Fauzi, dll.

Banyak sekali blog yang bisa dijadikan referensi untuk mencangkul ide agan. Jika masih kurang bisa agan cari sendiri di gugel :-)

Eksekusi ide tersebut meski kecil


Dari semua blog yang saya sebutkan di atas, masa gak ada satupun yang nyantol di otak?
Kalau sudah dapatkan ide tersebut, langsung di eksekusi ide agan tersebut. Tulis aja apa yang ada di otak agan. Gak perlu dengan bahasa yang formal. Lakukan apa yang membuat agan rileks. Seperti artikel ini. Coba bandingkan dengan tulisan saya sebelumnya. *promosi2*

Dengan gambar


Terkadang seseorang yang buntu ide menulis, akan terasa berat untuk menulis satu artikel. Jangan artikel, membuat satu paragraph aja susahnya minta ampun.

Untuk mensiasati itu, coba agan cari gambar-gambar yang menarik dan berikan sedikit keterangan.
Atau sebaliknya, buat sedikit tulisan dan selanjutnya jelaskan dengan gambar. Ini akan membantu.
Seperti komik gitu.

Tips di atas merupakan salah satu trik yang saya pakai untuk menghadapi kebingungan saat menghadapi ujian tulis. Bukan maksud menggurui menghakimi, sok pintar dan sok-sok yang lain.

Cukup sampai di sini dulu sharing kali ini. Saya mau melanjutkan wawancara sama Nurdin Halid...
Semoga bermanfaat gan!.
Share:

Labels