Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

2 Februari 2011

Rencana Pindah Domain

Banyak sekali kawan blogger menyarankan saya agar segera pindah domain dari yang gratisan ke berbayar. Berbagai alasan dan support mereka  sampaikan, biar ngeblognya lebih serius, biar lebih enak, lebih keren, untuk personal branding juga, dan berbagai support lainnya. Selama ini memang saya masih nyaman-nyaman saja menggunakan domain blogspot (www.belajarlevelsatu.blogspot.com) dari blogger.

blog motivasi, bisnis, dan blogging
Bukannya gak pengen ganti rumah baru ke yang lebih serius, bukan pula karena sudah terlanjur jatuh cinta dengan blogspot J. Sempat terfikir juga untuk pindah ke dot com, tapi karena beberapa hal dan beberapa alasan yang memungkinkan saya untuk menunda dan memundurkan niat saya untuk segera pindah rumah. Beberapa alasan saya itu:
  • Belum menemukan nama baru untuk blog saya. Bagi saya sebuah nama itu sangat penting. Nama yang bagus akan memberikan sugesti untuk kemajuan blog. Saya tidak ingin membuat nama blog asal-asalan. Branding harus saya bentuk sejak awal.
  • Alasan kedua saya yaitu biaya. Bukannya sekarang sudah banyak penyedia nama domain dengan harga terjangkau? Benar. Maka dari itu saya juga harus benar-benar selektif dalam memilih penyedia layanan yang berkualitas. Apalagi bagi orang yang sudah berkeluarga seperti saya. Keuangan harus benar-benar di manage. Kesalahpahaman tentang uang bisa berbuntut panjang. Untuk itu saya cari yang murah. Murah belum tentu murahan, kan?
  •  Konsistensi blogging saya dipertaruhkan. Dengan domain (berbayar) baru harusnya bisa membuat tuan rumah lebih semangat dan serius dalam menulis artikel di blognya. Saya setuju dengan sobat Darin yang menyatakan di blog dot infonya, mengenai blognya gak peduli “gimana nanti” dari pada harus pusing dengan “nanti gimana?”.
  • Pilihan hosting yang tepat, atau bahkan tidak sewa hosting yang berbayar. Kalau misalnya harus pakai self-hosting maka berapakah kapasitas memori yang saya perlukan untuk sekedar menampung tulisan-tulisan saya.
  • Mungkin di antara kawan blogger yang lain juga tengah menghadapi hal serupa dengan saya. Untuk itu, bagi para master, para senior, atau siapa saja yang bisa membantu mengatasi masalah saya tersebut, harap berikan masukan atau apapun yang membantu, saya sangat berterima kasih.
Sewa Domain dan Hosting

Mungkin ini pertama kali yang harus saya perhitungkan. Sewa domain dan hostingnya. Saat ini saya sedang melirik dua penyedia layanan ini. Dimana keduanya sama-sama menawarkan harga yang menarik (menurut dompet ane.. J). Dan menurut mereka yang merekomendasikan (orang-orang yang sudah malang melintang di dunia online – read: master) penyedia layanan ini sangat professional.

Nama Blog atau Domain

Sebuah brand akan lebih mudah dibentuk dengan menggunakan nama blog itu sendiri. Sebagian besar blogger menggunakan nama mereka untuk nama blog mereka. Sehingga nama mereka bisa dikenal oleh banyak penghuni blogosphere.

Itulah pentingnya personal branding. Orang bisa mengenal kita hanya dengan memanfaatkan blog. Blog yang sukses spektakuler akan membawa pemiliknya juga ikut sukses.

Nama Blog yang Cocok?

Nah, kali ini saya ingin meminta bantuan dari anda. Jika harapan saya di atas bisa saya wujudkan, lantas apakah nama blog yang cocok buat saya? Disampaing membangun personal branding lewat blog, juga bisa memberikat sugesti positif nantinya buat saya untuk seriusi dunia blogging. Bisa memberikan harapan buat saya untuk selalu bisa menulis ide-ide segar dan berkualitas.

Jika ada teman yang ingin membantu saya disini silakan disampaikan lewat kotak komentar. Demi memudahkan siapa saja untuk berkomentar, tidak ada moderasi maupun verifikasi kata anti SPAM di blog ini. Sebagai bahan pertimbangan Anda semua, berikut datanya :

Nama saya            : Zainul Abidin
Domain harapan  : dot com 

Perlu anda ketahui juga, bahwa nama saya di atas banyak sekali memiliki nama yang sama. Sehingga domain :

zainul abidin dot com (not available) – sudah terpakai
zainul dot com (not available) – sudah terpakai

Silakan yang mau memulai..!
Share:

Labels