Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

5 Februari 2011

Tips Menentukan Desain Blog

Kalau Anda ketik "Tips Menentukan Desain Blog" di google maka banyak sekali blog yang mengupas dan menulis tentang tips-tips desain blog. Setelah kemarin mendapat beberapa masukan dari para kawan blogger mengenai rencana saya pindah domain, kali ini saya sampaikan sebuah tips. Tips blogging.

Ibarat bangunan, sebuah rumah dapat berdiri kokoh dan kuat jika pondasi yang dibangun juga kokoh. Demikian pula dengan blog. Pondasi yang kuat menjadi syarat mutlak jika ingin punya blog yang spektakuler. Sudah barang pasti kalau  konten merupakan pondasi utama dari sebuah blog. Saya yakin semua pasti setuju!.
zainul abidin blog motivasi
Konten yang menarik bisa memberikan daya magis tersendiri bagi pengunjung blog. Sebuah efek untuk kembali lagi pasti terjadi. Tapi juga perlu diingat, selain mempunyai pondasi yang kuat, desain blog juga harus mendukung.

Di samping untuk menarik perhatian pengunjung, desain yang unik dan apik juga bisa menimbulkan daya magis tersendiri. Banyak pula pengunjung yang bolak-balik mengunjungi suatu blog karena kecantol dengan desain keren.

Saya bukan mau membahas lebih jauh tentang konten maupun desain, karena jika Anda cari di google pun sudah banyak yang membahas. Karena saya ingin sedikit sharing beberapa hal tentang pemilihan themes/template blog.

Beberapa kawan blogger yang sempat saya kunjungi bognya, rata-rata mereka masih belum sreg dengan tampilan blog mereka. Banyak yang gonta-ganti themes demi untuk mencari tampilan yang pas. Bukannya saya ingin menggurui maupun sok dengan yang lain, karena saya sendiri dalam beberapa minggu terakhir juga suka dengan ganti tampilan blog ini. 

Alasan saya hampir sama dengan yang lain, masih kurang pas dan pengen ganti suasana biar lebih fresh. Tak jarang pula seorang blogger akan mendapatkan ide berlimpah dengan melihat tampilan blog yang segar.

Selain itu juga saya masih mencari template blogger yang SEO friendly. Dengan template yang seo friendly,  kerjaan kita akan lebih di ringankan dalam hal optimasi seo. Mungkin dalam beberapa kasus kita harus melakukan sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa kriteria saya dalam pemilihan template untuk blospot saya saat ini. Mungkin juga bisa Anda jadikan catatan buat pemilihan template/themes buat blog Anda sendiri. Karena dasarnya saya buta dengan kode-kode pemrograman, maka saya cari jalan pintasnya aja, dengan mencari template blog yang udah jadi.

Sederhana tapi Elegan
Desain yang mempunyai tampilan sederhana ini saya maksudkan agar pengunjung lebih mudah memahami dan menerima pesan yang disampaikan dalam blog. Desain elegant agar tidak terkesan norak dan kampungan. (emang ada blog yang norak dan kampungan? hehe..saya rasa gak ada!)
Warna yang Cerah dan tidak mencolok
Tidak harus menggunakan warna-warna yang identik dengan keceraan (putih, kuning, merah, dll). Bisa warna apapun asalkan tampilannya cerah. Saya ingin memberi kesan yang bersih.

SEO Friendly
Seperti yang saya sampaikan di atas. Template blog yang seo friendly bisa sangat membantu Anda dalam optimasi SEO. Sangat membantu jika Anda mengikuti kontes-kontes SEO oleh blogger lain.
Hal ini pernah saya buktikan, ketika saya menggunakan template yang seo friendly, dalam beberapa keyword tertentu blog saya bisa muncul dalam halaman pertama Search Engine.

Mudah Pengaturan
Dalam beberapa kasus memang themes yang sudah ada tidak dapat di utak-atik sesuai keinginan. Berbeda lagi bagi Master HTML atau CSS (seperti mas Hendro) yang bisa dengan mudah bikin themes sendiri.

Itu hanya beberapa kriteria saya aja. Mungkin diantara Anda punya kriteria sendiri, it's ok. Setiap orang punya cara dan selera yang berbeda.

Bagaimana dengan Anda?

Keep writing!
Share:

Labels