Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

26 April 2011

Optimalkan Fungsi Target

Sebuah artikel blog merupakan hal umum jika di dalamnya diselipkan sebuah atau beberapa buah link. Agar tidak mengganggu mata saat membaca, pemasangannya pun harus diperhatikan. Kalau terlalu banyak link dalam sebuah artikel blog yang standardnya hanya 300-500 kata saja, maka artikel tersebut akan terlihat berantakan.

Idealnya sebuah artikel blog pantas diselipkan url/link antara 2-4 link, maksimal 5 lah.
Cara pemasangan url/link dalam tubuh artikel biasanya [<a href=”http://www.namablog.com/”></a>]. Beberapa fungsi lain bisa diselipkan seperti [target=””], [title=””] dll, (maklum hanya itu yang ku tahu ).

Kalau saat Anda menulis artikel langsung pada dasbor blog Anda, di sana sudah tersedia fasilitas “tambah link” tersendiri. Tapi bagi saya sendiri lebih suka memasukkan URL/link dengan manual pada kolom <html>. 

Misalkan saya ingin memasukkan link ke akun facebook saya, maka seperti ini : 
<a href=”http://facebook.com/zainul.abi” target=”_blank” title=”add me on facebook”>facebook</a>
Hasilnya akan seperti ini: 
facebook.
Link di atas saya tambahkan fungsi target=”” dan title=”” dengan tujuan:
  • Halaman facebook akan terbuka pada tab baru, sehigga pembaca blog tidak sampai meninggalkan halaman blog saya saat mengeksekusi link facebook.
  • Saat kursor diarahka ke link, akan muncul tulisan/judul “ad me on facebook”
Tujuan utama saya memasukkan fungsi target=”” adalah pada poin pertama, yaitu memberikan informasi kepada pembaca dengan memberikan link menuju kepada pusat informasi. Dan saat link tersebut di klik, pembaca akan dibawa ke halaman lain tanpa harus meninggalkan blog saya. Sehingga artikel blog kita tetap dibaca dan informasi lain bisa tersampaikan.

Hal ini sangat berguna bagi Anda yang saat ini menjalankan bisnis orang lain alias afiliater. Anda bisa membuat artikel menarik di blog Anda tentang produk bisnis yang Anda ikuti sekaligus mengarahkan pembaca untuk menuju link afiliasi anda tanpa meninggalkan blog Anda.

Dalam memasang link url selama ini, manakah yang sering Anda pakai? Secara otomatis atau menggunakan fungsi target seperti yang saya lakukan?
Share:

Labels