Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

10 Juli 2011

Strategi Marketing Softselling

Strategi Marketing SoftsellingMasih ingat yang disampaikan oleh Manajerku saat dulu masih bekerja di salah satu mini market paling berkembang di Indonesia. Setiap ada program promo yang sedang berjalan, personel toko benar-benar dipastikan untuk selalu "menawarkan" dan "menginformasika" produk tersebut bukan "menjualnya". Tapi ujung-ujungnya sales pun harus memenuhi target.

Hal diatas merupakan salah satu strategi/teknik marketing yaitu softselling. Dengan kita hanya menawarkan produk kepada setiap customer yang berbelanja maka peluang mereka untuk membeli lebih besar. Mereka jadi tahu ada program promosi yang berjalan. Mereka tidak dipaksa untuk membelinya (harselling). Karena jika belum apa-apa orang sudah ditodong untuk membeli, secara tidak langsung alam bawah sadar mereka akan langsung menolaknya.
seo-strategi marketing softselling

Hampir semua IM di dunia menerapkan teknik marketing tersebut. Strategi yang digunakan adalah softselling. Seperti belakangan ini banyak sekali digelar kontes SEO untuk meningkatkan optimasi. Entah itu untuk  traffic blog, kepopuleran, produk maupun jasa. Seorang Joko Susilo pun tak mau kalah, sebuah kontes SEO "Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet" digelar untuk meningkatkan penjualan produk terbarunya, InstanX.com.

Coba Anda cek ke google, dan ketikkan keyword "Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet" tanpa tanda petik dan lihat hasilnya berapa banyak orang yang mengikuti kontes SEO tersebut. Itu bisa membuktikan bahwa kontes SEO masih banyak digunakan para Internet Marketer (bahkan para marketer offline).

Intinya hanyalah kita mempengaruhi alam bawah sadar mereka tentang produk yang kita tawarkan tanpa mereka tahu bahwa sebenarnya kita menyuruh mereka untuk membeli. Dengan memberikan informasi gratis kepada calon prospek dengan tujuan bahwa mereka tahu keuanggulan maupun program dari produk kita dan sehingga suatu saat mereka akan secara suka rela membeli produk kita.

Oya, mengenai kontes SEO yang diadakan oleh pemilik blog JokoSusilo.com dengan slogan Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet apakah Anda sudah mengikutinya? Lumayan hadiahnya besar sekali jika menang. Ada total 32.25 juta disediakan sebagai hadiahnya. Toh jika kita tidak menang juga gak ada ruginya, buat asik-asikan aja. Untuk mengukur kemampuan SEO kita dalam dunia blogging.
Share:

Labels