Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

21 Agustus 2011

Asah Otak Dengan SUDOKU Sederhana

Bermain SUDOKU adalah salah satu games asah otak yang mampu bikin kepala puyeng. Saya paling pusing kalau dihadapkan dengan permainan sudoku. Permainan-permainan ringan seperti ini biasanya mampu sedikit membuat kita rilex. Postingan terdahulu saya tentang Joke tebak-tebakan dengan uang seribu akhirnya bisa terpecahkan.


Di bawah saya berikan contoh kolom kosong sudoku 9 kolom, 25 kolom dan 49 kolom (buka masing-masing sheet).

Dari tiga sheet di atas, paling mudah adalah Sudoku dengan 9 kolom, simple. Tingkat kesulitan agak naik pada 25 kolom, 49 kolom dan seterusnya. Terserah berapa kolom yang Anda ingin coba.

Silakan Anda isi kolom kosongan tersebut untuk mengisi waktu Anda. Mulai dengan 9 kolom saja dulu. Sudah tahu aturan mainnya kan? Kalau dijumlahkan, baris vertikal, horisontal maupun diagonal harus berjumlah sama.

Sudoku 9 kolom jika dijumlahkan total 15
Sudoku 25 kolom jika dijumlahkan total 65
Sudoku 49 kolom jika dijumlahkan total 175, dan seterusnya.

Angka yang boleh diisi mulai dari 1 hingga jumlah kolom yang ada. Semua kolom harus terisi penuh tanpa ada pengulangan angka.

Coba sekarang buat sudoku yang 9 kolom terlebih dahulu. Cobalah hingga Anda menemukan irama angkanya.
Jika sudah berhasil, silakan ke level berikutnya. Buat lagi kolom kosong (pada kertas aja) dengan jumlah 25 kolom. Mulai isi dari angka 1, 2, 3, ...dan seterusnya hingga ke-25 kolom tersebut penuh.
Perhatikan pula jumlahnya. Setiap baris vertikal, horisontal maupun diagonal harus sama.

Di awal saya mencoba games ini juga merasa kesulitan yang luar biasa. Mungkin kalau pada tingkat paling dasar sudoku 9 kolom masih enteng dan mudah dipecahkan. Tapi saat pada 25 kolom ke atas, tingakat kesulitan makin tinggi.

Tapi akhirnya saya menemukan kuncinya. Berapapun kolom yang ditawarkan akan saya babat abis. Tinggal balapan saja sama waktu. Yang saya butuhkan hanyalah waktu berapa lama untuk menulis dan menghabiskan kolom-kolom tersebut.

Ini hasil isian saya. Jika Anda sudah lelah dengan jawaban Anda, silakan contek jawaban saya. ^__^"


Nah, kalo sudah tahu triknya bisa Anda bagikan kepada teman Anda.

Mau tahu triknya? Bagaimana saya menyelesaikan games ini hanya dalam hitungan detik?
Bagaimana strategi menyelesaikan game asah otak SUDOKU, akan saya sambung lagi pada posting berikutnya.

Share:

Labels