Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

25 Agustus 2011

Trik Memenangkan Game Asah Otak SUDOKU Sederhana

Trik memenangkan game SUDOKU sederhana berikut ini adalah jawaban atas teka-teki SUDOKU pada postingan saya sebelumnya. Silakan Anda coba mengasah otak dengan menyelesaikan game SUDOKU sederhana pada postingan sebelumnya.

Gambar sudoku sederhana
Sudoku

Telah saya berikan contoh 3 kolom kosong untuk mencoba kemampuan otak Anda. Sudoku dengan 9 kolom (paling sederhana), 25 kolom dan 49 kolom. Juga jawaban berupa 3 kolom yang telah terisi dengan benar. Jadi soal sudah saya berikan berikut juga jawabannya.

Tapi yang jadi pertanyaan saat ini adalah, bagaimana cara mengisi semua kolom tersebut? Mungkin kalau cuma 9 kolom masih bisa kita utak atik hingga selesai. tapai bagaimana dengan yang 25 dan 49 kolom? Puyeng gak tuh? hehe... di sini akan saya bocorkan triknya.

Sebelum lebih jauh, ini merupakan trik untuk menyelesaikan sudoku sederhana dan *mungkin saja* tidak bisa berlaku untuk menyelesaikan sudoku yang lebih rumit.

Oke gan, ini adalah trik memenangkan SUDOKU sederhana. Berlaku buat semua kolom.
Mari kita ambil 9 kolom terlebih dahulu.

Kuncinya hanya 2 (dua), yaitu angka tengah dan urutan peletakan angka.

Gambar sudoku sederhana
Pertama: Ambil angka tengah dari jumlah kolom (5 merupakan angka tengah dari 9) dan letakkan ditengah kolom.


Kedua: Letakkan angka pertama (angka 1) pada baris yang sama di sisi paling kiri.


Gambar sudoku sederhana
Ketiga: Letakkan angka 2, 3, 4, dan seterusnya pada sisi "kiri - bawah". Jika pada sisi kiri-bawah ternyata tidak ada kolom, maka letakkan pada kolom bayangan.


Gambar sudoku sederhanaKeempat: Jika pada urutan berikutnya ternyata sudah diisi oleh angka sebelumnya, maka letakkan ngka berikutnya dibelakang/sebelah kanannya. 


Kelima: Lakukan langkah ketiga dan keempat hingga selesai (kolom terisi penuh).


Jika sudah selesai dan semua kolom sudah terisi oleh angka, coba Anda jumlahkan secara mendatar, menurun, maupun serong.

Lakukan cara di atas pada sudoku 25 kolom dan 49 kolom.

Selesai sudah tutorial tentang trik memenangkan SUDOKU sederhana dari saya. Silakan Anda praktekkan sendiri dan selamat bermain dengan teman Anda.
Share:

Labels