Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

21 Januari 2012

Cara Setting Free Autoresponder LISTWIRE (setting email)



Sebelumnya mohon maaf jika posting tutorial cara setting listwire sedikit terlambat. Artikel kali ini melanjutkan tutorial cara daftar dan setting listwire pada posting terdahulu.

Dan tidak perlu berlama-lama lagi saya sampaikan tutorial cara setting free autoresponder listwire.com. Silakan praktekkan langsung atau bisa anda bookmark terlebih dahulu jika anda saat ini sedikit sibuk.

Cara Setting Free Autoresponder Listwire.com

Tutuorial cara setting listwire pada step-2 ini akan saya jelaskan mulai dari cara setting email verifikasi autoresponder hingga bagaimana cara memasang kotak opt-in penangkap email pada blog.

Silakan login dahulu pada akun listwire anda menggunakan username dan password anda.

Maka anda akan berada pada halaman depan akun listwire anda.


Buka autoresponder list yang telah anda buat dengan cara klik kolom “managing autoresponder list” yang berada di pojok kanan atas (seperti gambar). Dan anda sekarang berada pada list autoresponder yang telah anda pilih.

Biasanya bila setting data anda ada yang kurang akan keluar pesan error.
cara setting free autoresponder listwire

Jika keluar pesan error seperti gambar di bawah ini, artinya data anda ada yang kurang lengkap (postal code/kode pos). Silakan anda isi dengan kode pos alamat anda dan beberapa kolom data yang lain.
cara setting free autoresponder listwire

Pada settingan kali ini anda juga bisa menghubungkan akun listwire anda dengan Twitter maupun Facebook anda. Sehingga pesan yang anda kirimkan ke list member anda akan terkirim juga ke twitter maupun facebook.

Jka selesai silakan klik “Update The Autoresponder…”.

Cara Setting Email Verifikasi (verification message)

Apabila sudah tidak terdapat pesan error berarti setting autoresponder list anda telah berhasil. Selanjutnya adalah setting verifikasi email. Verifikasi email ini adalah email pertama kali yang akan terkirim saat prospek memasukkan data berupa nama dan email mereka.

Silakan klik tab “messages” yang berada di atas. Kemudian klik sub tab “verification message”.
cara setting free autoresponder listwire
Tampilan halaman sebagai berikut.

cara setting free autoresponder listwire

Pilih judul pada “Subject Line” dan tulis email pertama pada “Custom Message (500)”. Klik “Update Your Verification…” jika selesai.
Selanjutnya cara setting email followup.

Cara Setting Email Follow Up (follow up message)

Untuk lebih meringankan tugas kita mengirim email follow up kepada calon prospek kita, serahkan semua tugas tersebut kepada autoresponder listwire. Anda hanya perlu menyiapkan draft email pertama hingga email kesekian sebanyak anda mau mengirim email followup kepada prospek anda.

Masih tetap di halaman Tab “message”. Buka tab “follow up message”.
cara setting free autoresponder listwire

Klik “click here to edit…” untuk memulai membuat draft email follow up anda.
cara setting free autoresponder listwire

Untuk mengatur hari pengiriman, perhatikan pada “Message Interval”. Angka 0 (nol) berarti email akan dikirim pada saat/hari itu juga. 1 berarti hari pertama dan seterusnya. Anda bias mensetting hingga hari keberapapun semau anda.

Sampai langkah ini anda sudah bisa menyapa member list anda hingga beberapa hari kedepan. Silakan utak atik sendiri tab-tab dalam akun listwire anda hingga anda terbiasa menggunakan autoresponder gratis ini.

Cara Memasang Subscribtion Form

Setelah semua persiapan anda selesai, setting email verifikasi dan email follow up siap, selanjutnya menyiapkan “jebakan” untuk menangkap data pengunjung. Berikutnya memasang subscribtion form pada blog anda.

Klik “prospek”>subscribtion form.
cara setting free autoresponder listwire

Klik “click here to add a web form”.

Isi form name terserah anda. Form redirect URL isikan dengan halaman terima kasih. Jika tidak ada, masukkan saja url blog anda. Klik “Next Page”.
cara setting free autoresponder listwire

Proses ini anda bisa mengedit tampilan form subscrib anda. Untuk melihat silakan klik preview, klik save jika selesai.

Untuk memsang di blog, gunakan code yang ada dan simpan pada widget blog anda.

Gimana cara memasukkan ke blog? Tentunya anda sudah bisa kan. Dengan menambah widget baru dan pastekan code di atas. Selesai.

Semoga tutorial cara setting free autoresponder listwire ini memberikan manfaat buat anda khususnya anda yang sedang membangun list prospek (list building) untuk kemajuan bisnis anda.
Share:

Labels