Tempat pemula belajar bisnis internet, internet marketing, facebook marketing, email marketing, dan affiliate marketing secara otodidak

4 Februari 2012

Dua+Satu Trik Marketing Facebook Mematikan

Maaf jika saya memberikan judul dua trik marketing facebook mematikan terlalu hiperbola. Tapi saya harap anda selesaikan membaca hingga akhir artikel ini. Anda akan mengerti apa dan kenapa saya memakai kata "marketing Facebook Mematikan".

Ini masih sedikit rahasia dan masih belum banyak orang yang tahu.

Kenapa Menggunakan Marketing Facebook?

Anda yang selama ini aktif di dunia bisnis internet tentunya tahu dan paham mengenai peluang bisnis di facebook. Sekitar lebih dari 750 juta pengguna facebook di dunia nimbrung dan banyak melakukan aktifitas online di facebook. Tentunya anda tidak mau melewatkan potensi pasar sebesar itu untuk memanfaatkan peluang.

Coba Anda perhatikan, banyak merk-merk besar yang sudah menggunakan Facebook sebagai media promo. Anda perhatikan iklan-iklan di TV sering kali melibatkan Facebook. Artinya meski mereka memiliki anggaran besar untuk pemasaran, mereka tetap memanfaatkan Facebook yang gratis untuk meningkatkan kinerja pemasarannya.

Keunggulan lain dari pemasaran Facebook adalah adanya efek viral yang bisa kita optimalkan. Istilah kita dari mulut-ke-mulut, kalau di Facebook, penyebaran itu dari akun facebook ke akun Facebook lainnya. Efek viral ini akan meningkatkan kinerja pemasaran Anda, sebab sekali Anda mendapatkan prospek atau lead, meski pun hanya satu orang, secara tidak langsung Anda berpotensi memasarkan kepada teman-temannya juga (seperti sistem networking).

Apakah Pemasaran Facebook Itu?

Yang saya maksud dan paling mudah adalah membuat halaman (fan page). Ya, halaman facebook/fan page bisa kita buat secara gratis di facebook. Dan fan page ini juga yang bisa kita tambahkan dengan halaman baru untuk media promosi (landing tab).

Membuat fan page merupakan langkah awal dan tidak boleh dilewatkan jika Anda memasuki dunia pemasaran Facebook. Namun, tidak sampai disitu. Halaman/fan page adalah langkah awal dan tentu ada kelanjutannya, yaitu bagaimana menumbuhkan pasar yang terhubung dengan halaman facebook Anda.

Setelah terhubung dengan pasar, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana membangun interaksi dan relasi dengan pasar yang sudah terhubung dengan Facebook Anda. Interaksi ini diharapkan bisa membangun hubungan dan meningkatkan kepercayaan pasar kepada bisnis Anda dan mereka sadar bahwa kehadiran Anda untuk membantu solusi.

Bisakah marketing facebook tanpa melibatkan fan page?

Tentu saja bisa. Menggunakan halaman profil itu salah satunya. Dua trik marketing facebook yang akan dibahas di sini salah satunya menggunakan halaman facebook/fan page. Plus satu trik marketing facebook yang saya bilang "mematikan" di awal.

Tidak ada jaminan akan terus bekerja. Salah satu tantangan dalam pemasaran internet (bukan hanya Facebook) adalah perubahan, baik perubahan teknologi maupun perubahan kebijakan dari pada pemain besar seperti pemilik Facebook dan Google.

Mereka mengarahkan dunia internet sebab mereka adalah pemain besar di dunia internet. Artinya kita harus selalu siap siaga menghadapi perubahan ini. Sebagai contoh, dulu kita dapat memanfaatkan FBML, ternyata sekarang sudah tidak bisa lagi dimanfaatkan.

Artinya taktik yang akan dijelaskan sekarang, mungkin tidak selamanya bisa diaplikasikan. Untuk itu, mumpung masih bekerja, maka manfaatkan sekarang juga. Kita tidak akan pernah tahu, sampai kapan teknik ini bisa bekerja.

Dua Trik Marketing Facebook Yang Saya Maksud Adalah...

Share dan Download
Teknik ini adalah meminta kepada calon fans Anda untuk "share" sebuah halaman (website/fanpage) di profilnya dengan imbalan download.

Agar Anda memahami konsep ini, baiknya Anda lakukan sendiri (jika belum). Silahkan kunjungi link ini, kemudian ikuti panduannya sampai Anda bisa mendownload ebook gratis.

Faktor Sukses Untuk Trik Marketing Facebook Ini

Satu faktor sukses taktik ini adalah motivasi orang untuk mendapatkan tawaran gratis Anda. Semakin menarik tawaran gratis, akan semakin besar motivasi orang untuk share dan download tawaran Anda.

+Plus Satu Trik Marketing Facebook

Ditambah satu lagi trik marketing facebook selain share dan download yaitu "send". Bisa kita kombinasikan antara keduanya. Misalnya: Share > Send > Download atau Send > Share > Download. namun saya belum mencoba memadukannya :).

Apa Yang Anda Tawarkan?

Banyak hadiah gratis yang bisa Anda tawarkan, diantaranya:
  1. eBook Gratis
  2. Video Gratis
  3. Audio Gratis
  4. Software Gratis
  5. PowerPoint Gratis
  6. Kupon Gratis
  7. Template Gratis
  8. dan masih banyak yang lainnya.
Pilihlah hadiah yang menarik, semakin menarik akan semakin menyebar virus pesan Anda.

Selain menarik, hadiah juga akan lebih baik jika sesuai dengan produk atau jasa Anda sehingga yang melakukan share dan download adalah mereka yang memang tertarik dengan produk atau jasa Anda. Istilah lain tertarget!

Selain hadiah/bonus di atas, apalagi yang bisa kita tawarkan? 


Like dan Diskon. Sangat bermanfaat jika anda memiliki toko online atau anda menjual produk tertentu. dengan menjadi member (istilahnya: fans) di halaman/fan page anda, mereka bisa mendapatkan KUPON DISKON khusus dari Anda. Sehingga prospek anda merasa benar-benar anda perhatikan.


Bagaimana Cara Membuatnya?

Untuk membuat website (untuk teknik yang pertama) dan membuat halaman fan page (untuk teknik) kedua diperlukan kemampuan membuat aplikasi facebook. Cukup panjang lebar jika dibahas disini. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membuatkan kedua alat Marketing Facebook ini, bisa saya bantu membuatkannya. Saya akan buatkan untuk Anda dengan biaya yang *sangat* terjangkau.

Tapi kabar buruknya, saya tidak bisa melayani semua permintaan dari anda. Karena kesibukan saya sebagai karyawan yang kerja pagi hingga sore, maka saya membatasi jasa saya. Hanya 10 orang yang saya layani setiap bulannya. Ini serius! bukan bahasa marketing saya :) he..

Silakan hubungi saya lewat kotak komentar atau langsung daftar di sini.

Pendukung lain yang diperlukan adalah domain dan hosting untuk menyimpan file dan script.

Silahkan Anda pilih, apakah Anda mau belajar dulu membuat website, halaman, grafis, aplikasi, dan script tertentu atau langsung menggunakan jasa saya. Silahkan hubungi saya jika Anda serius menggunakan salah satu atau kombinasi teknik Marketing Facebook ini.
Share:
Location: Sidoarjo, Indonesia

Labels